Skip to main content

Cara Membuat Game atau Aplikasi Permainan Android

Cara Membuat Game atau Aplikasi Permainan Android

Aplikasi dan Game merupakan adalah hal paling di gemari pada jaman sekarang dengan banyak merk smartphone yang begitu banyak bersebaran di Indonesia, Aplikasi dan Game juga memang tidak dapat di pungkiri sangat terkait dengan Smartphone Android dari  Aplikasi yang berupa Game belajar sampai bahkan yang sebaliknya.

Aplikasi Game belajar tersebar di internet seperti game tebak-tebakan tentang bahasa inggris ataupun juga ada Game belajar seputar pelajaran di sekolah. Orang tuapun menurut saya bukan tanpa alasan bagi anak-anaknya untuk tetap bermain Game atau Aplikasi Android asal melakukan hal yang bermanfaat.

Game atau dalam bahasa indonesia yaitu permainan sangat digemari masayarakat indonesia baik game ofline atau Game Online. Game Online pada dasarnya merupakan memerlukan koneksi internet agar kita bisa membuka Game tersebut. Tak hanya Game ada juga Aplikasi Online sama juga memerlukan koneksi internet contohnya seperti aplikasi magazine update berita ataupun sumber informasi lainya.

Meraup keuntungan dari di publishnya sebuah Game dan Aplikasi di bukanlah hal tidak mungkin, banyak developer Android yang merasakan kesenangan dapat meraup banyak keuntungan dengan cara membuat game dan mendapatkan uang, mereka dibayar oleh pihak advertising seperti Google AdSense atau AdMob ataupun pihak Advertising lainya.

Terlintas kita berpikir atau berkeinginan bagaimana cara membuat game sendiri atau kita bikin aplikasi sesuai dengan keinginan seta kita bisa mendpatkan uang dari game, bagaimana caranya?. Pada artikel ini saya akan menjelaskan untuk cara membuat aplikasi android untuk pemula dan apa yang harus dilakukan untuk pengenalanya.

Hal utama yang pasti jawabanya jika kita ingin membuat sebuah aplikasi game Android yaitu dengan coding, aplikasi android jika kita telusuri ke dalamnya akan berupak coidngan atau bahasa pemegroraman. Untuk saat ini yang saya ketahui bahasa pemegroraman yang dapat membuat sebuah aplikasi game android adalah Pascal (dengan Delphi), Java (dengan Eclipse atau Andoid Studio) dan C# (dengan Unity).


Jika kita bisa menguasai salah satu saja bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan uang dari aplikasi game Android dan meraup keuntungan banyak. Tapi tentunya dalam belajar Bahasa Pemegroraman tidaklah semudah yang di utarakan saya, dalam membuat game dengan codingan ada aturan-aturan yang berbeda beda serta bahasa yang sulit untuk di megerti karena bukan bahasa manusia pada umumnya selain itu juga bahasa tersebut berupa Bahasa Inggris sehingga menambah kesulitan untuk negara yang nativenya bukan Bahasa Inggris.

Untuk beupa Aplikasi Game Online sendiri kita membutuhkan sebuah hosting ataupun server untuk menyimpan sebuah data agar bisa di akses secara online, namun kita beruntung dengan Android di garapnya oleh Google kita dipermudah dengan adanya sebuah database free atau gratis yang dinamakan Firebase.

Firebase di sedikana ole Google untuk bagi mereka siapa saja yang mau mengembangkan sebuah perangkat Android, contoh paling sederhana fungsi dari Firebase adalah munculnya sebuah Notification Message yang sering ada di Smartphone Android kita contohnya Aplikasi Operasi mini dan UC Browser yang menggunakan fitur tersebut.

Namun Google memberikan batasan atau limit tersendiri untuk penyimpanan data di dalam Firebase untuk yang menggunakanya, seperti Database dari Firebase hanya dapat menyimpan data dari aplikasi hanya sekitar 100mb saja dan jika ingin menambah kapasitas tersebut silahkan lakukan pembayaran kepada Google.

Dari pembuatan aplikasi game tersebut kita juga bisa membuat sebuah manfaat dengan mengembangkan sebuah aplikasi belajar seperti aplikasi Ruang Guru sebagai edukasi masyarakat yang saat ini banyak di perbincangkan ataupun membuat aplikasi berbayar lainya jika ingin menggunakan aplikasi kita.

Apanila teman-teman tertarik ingin menjadi developer untuk sebuah Game Aplikasi Android dan mempunyai hasrat yang besar silahkan lanjutkan ke perguruan tinggi yang memiliki bagus dalam bidang informatika ataupun komputer seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) tapi pilih juga salah satu saja bahasa pemegroraman yang menurutkamu mudah dipahami dan dicemarmati.

Namun dalam melanjutkan ke sebuah perguruan tinggi tidak menjadi hal paling acuan dalam belajar, di era teknologi saat ini banyak sekali informasi dan ilmu yang bersebaran di internet artinya kita bisa belajar di internet dalam membuat aplikasi game android dan sering-seringlah mengobrol dan berbaur dengan orang-orang berbau programmer seperti bergabung ke salah satu forum tanya jawab yang paling keren adalah StackOverflow.

StackOverFlow sendiri memang menjadi forum favorit para programmer  (orang-orang bergelut mengerjakan proyek di dunia codingan) pasalnya forum tersebut sering ramai dikunjungi oleh para developer baik developer android maupun bukan. Nah jadi mau apalagi guys ayo deh buat kamu yang mempunyai tekad ingin membuat aplikasi game silahkan beraksi sekarang.

Artikel ini saya buat hanya untuk pengetahuan saja bagi orang-orang yang awam saya buat artikel ini dalam pengetahuan sejauh saya, jangan tanya emang mas sudah bikin aplikasi yang jelas saya juga belajar ingin menjadi developer teknologi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar