Skip to main content

Cara Edit dan Delete Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable


Cara Edit dan Delete Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable -  Tak bosan lagi - lagi pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah pengetahuan mengenai salah satu software yang digeamri para programmer yaitu Delphi atau yang beken saat ini RAD, nah melanjutkan postingan artikel sebelumnya yaitu menegnai Insert Input Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable pada kali ini saya akan menjelaskan Cara Edit dan Delete Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable pada artikel ini.

Sebenarnya disini saya akan membahas sedikit karena caranya sangat mudah dan simple untuk melakukan Delete hanya dengan penambahan codingan sedikit dan untuk Edit atau Update hanya perubahan sedikit saja dari cara Insert.

Untuk anda yang mencari tutorial Cara Edit ataupun Delete database dengan Delphi anda tepat masuk ke postingan ini, untuk yang penasaran bagaimana tahap - tahap yang saya maksud silahkan simak penjelasan tahap - tahap dibawah ini:
  1. Untuk memulai pertama kali kita lakukan hal yang paling dasar adalah menyalakan terlebih dahulu Xampp yang anda punya, jadi silahkan nyalakan dulu. Jika anda tidak tahu bagaimana status menyala atau tidaknya silahkan simak postingan Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah.
  2. Kita buka Project Delphi yang akan kita kerjakan untuk penambahan fitur Edit dan Delete, sebagai contoh saya akan menggunakan sebuah Project yang saya punya dan saya gunakan pada postingan artikel - artikel sebelumnya tentang Delphi.

  3. Kita mulai dengan penambahan fitur Edit atau Update Data, untuk permulaan sebagai contoh kita tambahkan sebuah komponen Button yang pada saat kita klik maka Datapun akan di Edit atau Update.

    Cara menambahkanya cari komponen TButton yang berada di tab komponen Standard, jika sudah ketemu silahkan masukan ke form project yang anda inginkan dengan cara drag atau klik asalkan masuk pada form dan Edit Captionya menjadi Edit seperti gambar dibawah ini.

  4. Selanjutnya kita tambahan codingan, nah untuk menambahkanya klik dua kali pada tombol edit atau update hingga muncul editor untuk codingan lalu tambahkan codingan dibawah ini:
    AdoTable1.Edit;
    AdoTable1.FieldByName('nis').Value:=strtoint(Edit1.Text);
    AdoTable1.FieldByName('nama').Value:=Edit2.Text;
    AdoTable1.FieldByName('tanggal_lhr').AsDateTime:= datetimepicker1.Date;
    AdoTable1.Post;
    Nah saya jelaskan sedikit tentang codingan yang saya kasih, karena saya ini membuat Project lanjutan dari beberapa tutorial Delphi RAD pada postingan sebeleumnya maka untuk komponen komponen yang saya punya pada Project ini tidak akan sama nama - nama komponen dengan yang anda punya, kecuali anda mengikuti tutorial tentang Delphi RAD pada Blog ini.

    Jadi dengan kata lain secara singkatnya sesuaikan saja dengan nama - nama komponen yang anda punya pada project punya, biar lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
  5. Sekarang kita coba Run project anda apakah ada yang error atau tidak?, jika tidak error maka ya tentunya project menampilkan aplikasi yang anda buat dan coba coba Button yang kita buat yaitu Edit berhasil atau tidak.

    Untuk proses editnya tergantung dari kursor dari DBGridnya, jadi tentukan dahulu data mana yang akan kamu edit, dan isi Edit Text mana yang anda inginkan dan klik tombol Edit. Sebagai contoh saya ingin mengubah data dengan NIS: 6, Nama: Jaya dan Tanggal Lahir 10/30/2017 menjadi  NIS: 6, Nama: Gery dan Tanggal Lahir: 10/8/201 lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
  6. Lanjut ke pembuatan fitur Delete atau Hapus, untuk penambahan fitur hapus saya disini contohkan saja sama dengan penambahan fitur Edit yaitu dengan menggunakan tombol Delete jadi ya sama saja cari komponen TButton di tab kumpulan komponen Standar dan Drag atau masukan ke Form yang kita inginkan, dan terakhir ubah Captionya pada Properties dengan Delete.

  7. Selanjutnya tambahkan kodingan dengan cara klik dua kali pada tombol Delete tersebut dan masukan coding simple dibawah ini
    AdoTable1.Delete;
    Sama juga halnya dengan edit tergantung dengan cursor pada DBGrid untuk penghapusan, seperti gambar dibawah ini saya berhasil menghapus data dengan NIS: 6, Nama: Gery dan Tanggal Lahir: 10/8/201 seusai mengklik tombol Delete.

Nahh... bagaimana cukup mudah dan simple bukan yang terpenting adalah ketelitian, cukup sekian saya kira untuk tutorial serta tahap - tahap Cara Edit dan Delete Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable semoga bermanfaat dan dapat kita pahami dengan jelas.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih sudah mau berkunjung ke blog sederhana saya ini dan jangan lupa untuk berkunjung balik, untuk berdonasi mengembangkan blog ini agar lebih maju silahkan klik iklan 1x saja cukup pada blog ini dan saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar