Skip to main content

Cara Filter Data di Database MySQL Pada Delphi dengan AdoTable


Cara Filter Data di Database MySQL Pada Delphi dengan AdoTable - Ok guys kembali lagi dengan lanjutan tutorial Delphi atau RAD yang sebelum pada artikel ini saya membahasa tentang Cara Edit dan Delete Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable, tetapi pada kali ini saya akan menggali atau memberikan sebuah pengetahuan tentang Cara Filter Data di Database Pada Delphi dengan AdoTable.

Nah... sebenarnya untuk filter atau mencari data yang tertera di DBGrid sangatlah simple atau mudah hanya mmembutuhkan sedikit codingan untuk disisipkan di code editor. Ohh iya untuk pencontohan atau penjelasan pada artikel ini saya akan melanjutkan sebuah project yang saya gunakan pada tutorial Delphi pada Blog ini.

Jadi buat kalian yang tidak mengikuti tentang lanjutan atau updatetan silahkan cek pada menu Programming atau jika tidak mengikuti juga tidak apa - apa silahkan menyesuaikan saja dengan Project anda sendiri. Ok.. untuk lebih jelas tentang Cara Filter Data di Database MySQL Pada Delphi dengan AdoTable silahkan simak tahap - tahapnya dibawah ini:
  1. Hal utama yang wajib dilakukan pada tutorial Delphi sebelumnya sudah saya katakan silahkan pastikan Delphi anda sudah terhubung ke Database anda atau simak apa yang saya maksud di artikel Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp, dan jangan lupa sudah menyalakan Xampp jika anda tidak tahu bagaimana status menyala atau tidaknya silahkan simak postingan Cara Membuat Database di Xampp dengan Mudah.
  2. Selanjutnya kita tambahkan sebuah komponen TButton dan komponen TEdit yang biasanya terletak di kumpulan komponen Standard, coba kamu perhatikan gambar dibawah ini dengan teliti agar kamu mengerti apa yang saya maksud, dan berikan caption pada tab Properties pada TButton agar lebih menarik dan TEdit silahkan kreasikan sendiri agar enak di pandang.

  3. Simak terlebih dahulu pemahaman saya, disini kita tidak melakukan coding pada TEdit tetapi kita menambahkan coding pada TButton, jadi ketika kita mengklik Button cari maka DBGrid akan menampilkan data yang tertera di TEdit, nah fungsi TEdit hanyalah menyimpan sebuah data filter yang kita ingin cari dan melakukan eksekusi dengan hanya mengklik tombol TButton.
  4. Untuk melakukan codingan seperti yang saya katakan eksekusi dilakukan oleh TButton maka klik dua kali pada TButton dan masukan codingan dibawah ini:
    AdoTable1.Locate('nis',Edit3.Text,[]);
    Jadi pada contoh ini saya akan melakukan sebuah filter data yang berpacu pada NIS, seperti yang kita ketahui NIS merupakan sebuah PK atau Primary Key untuk setiap orang dan tidak mungkin ada yang sama jadi saya kasih contoh NIS atau jika anda ingin Nama atau lainya silahkan sesuaikan sendiri.

  5. Untuk yang kurang jelas apa yang saya maksud dari codingan dari tahap no 4 yaitu AdoTable mencari data pada kolom nis yang tertera pada komponen TEdit.Text. Nah pada project saya ini saya memberikan nama komponen TEdit tersebut dengan Edit3 jadi sesuaikan saja dengan Project anda.

  6. Mari kita coba, untuk mencobanya silahkan anda memasukan sebuah data yang ingin anda cari pada TEdit.text pencarian, sebagai contoh saja pada project gambar dibawah ini saya akan melakukan pencarian denga NIS = 14 maka saya memasukan angka 14 dan mengklik tombol cari maka secara otomatis DBGrid akan memunculkan data beserta kursor untuk menunjukan para siswa yang mempunyai NIS = 14.

Nah coba sekarang project kamu apakah sudah berjalan semestinya apa yang kamu inginkan atau malah error?, jika ada error itu mungkin kamu belum teleiti apa yang saya maksud pada artikel ini jadi bacalah artikel ini secara teliti atau jika kamu pusing silahkan berkomentar pada artikel ini jika ada pertanyaan seputar Cara Filter Data di Database MySQL Pada Delphi dengan AdoTable.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar