Skip to main content

Insert Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable


Insert Input Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable - Hallo guys kembali lagi dengan saya untuk melanjutkan sebuah tutorial Delphi RAD Cara Menampilkan Database MySQL Pada Delphi dengan ADOTable dan  dalam artikel ini yang bertema dengan Program Input Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable, nah maksud dari tema atau judul pembahasan pada artikel ini saya akan membahasa bagaimana cara input data ke MySQL menggunakan Delphi atau RAD dengna AdoTable.

Dan tentunya kita sangat di wajibkan sekali untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengkoneksikan antara Database MySQL dengan Delphi bagi yang belum tau atau baru pernah dengar sebaiknya anda lihat dulu artikel Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp karena kita akan membuat sebuah program yang sudah terkoneksi ke Databae MySQL.

Pada artikel ini saya akan membuat sesingkat mungkin dan tidak untuk secara terperinci jadi teman - teman yang kebingunggan silahkan bertanya dengan cara berkomentar di kolom komentar di bawah artikel ini. Dan untuk mengetahui bagaimana cara insert atau input data ke MySQL silahkan tutorial langkah - langkahnya dibawah ini:
  1. Seperti yang saya katakan diatas kita pastikan terlebih dahulu apakah Delphi atau Project anda sudah benar- benar terhubung atau terkoneksi dengan Database MySQL untuk mengetahuinya silahkan simak pada artikel Cara Menghubungkan RAD XE5 dengan Database MySql Xampp.
  2. Jika kamu sudah memastikan Project sudah terhubung maka dari itu kita lanjutkan ke tahap penambahans sebuah komponen yang kita butuhkan sebagai contonya saya mempunyai program yang akan menginput antara NIS, Nama dan Tanggal_lhr.

    Maka dari itu saya membutuhkan sebuah komponen Edittext setidaknya 2 untuk Nis dan nama, DateTimePicker 1 untuk Tanggal_lhr serta button untuk proses inputnya maka sesuaikan saja apa yang kita inginkan.
  3. Kita masukan komponen yang kita butuhkan yang saya sebutkan pada tahap no 2, nah pada komponen pilihan standar caru nama komponen TEdit, jika sudah ketemu kita drag saja atau simpan di sebuah form yang kita inginkan untuk proses input.

    2 TEdit saya masukan ke area form dan mengkosongkan isi text dari TEdit, jika anda kurang jelas apa yang saya maksud silahkan perhatikan gambar dibawah ini dan lihat atau perhatikan tanda panah bewarna merah.

  4. Selanjutnya kita lanjutkan ke penambahan komponen DateTimePicker yang berguna untuk menginput sebuah tanggal baik itu tanggal lahir atau tanggal lainya. Sebagai contoh saya akan menambahkan DateTimePicker untuk penginputan tanggal lahir.

    Untuk penambahan komponenya seperti biasa kita cari dulu komponen DateTimePicker yang berada di kumpulan komponen tab win32 atau jika anda tidak mau susah ketikan saja DateTimePicker di sebelah atas kanan textbox.

    Jika sudah ketemu kita tinggal drag atau tambahkan saja ke form yang kita inginkan seperti pada gambar dibawah ini contohnya.

  5. Pada tahap ini masih pada penambahan komponen, komponen yang terakhir kita butuhkan adalah TButton cari komponen TButton yang berada di kumpulan komponen Standar, jika sudah ketemu drag atau letakan juga di form yang kita inginkan.

    Untuk mempercantik button tersebut kita bisa ubah caption TButton tersebut agar terlihat lebih nyata atau real, seperti yang saya ini saya akan melakukan proses input maka TButtonnya saya kasih caption Input.

  6. Pahda tahap no 6 kita lanjutkan tahap melakukan codingan, anda tentunya harus teliti dalam memasukan sebuah codingan, saya jelaskan sedikit saya kasih contoh saya ingin melakukan eksekusi penginputan data ke Databae MySQL pada saat mengklik tombol input maka dari itu kita klik dua kali tombol input hingga muncul sebuah tempat codinganya.

    Jika sudah masuk ke dalam layout codingan kita masukan codingan dibawah ini:
    Adotable1.Insert;
    AdoTable1.FieldByName('nis').Value:=strtoint(Edit1.Text);
    AdoTable1.FieldByName('nama').Value:=Edit2.Text;
    AdoTable1.FieldByName('tanggal_lhr').AsDateTime:= datetimepicker1.Date;
    AdoTable1.Post;
    Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini, dalam gambar dibawah ini saya masih menggunakan name dari setiap komponen masih default maka sesuaikan saja keinginan anda dan arahkan kolom mana yang akan anda hubungkan antara komponen dan kolom di Database MySQL.

  7. Dan tahap terakhir adalah coba run project yang anda buat tersebut apakah sudah berhasil sesuai apa yang anda ingingkan atau malah error?. Sebagai pencerahan saya berhasil dalam membuat project Insert Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable dengan codingan diatas coba perhatikan gambar dibawah ini.

Cukup sekian tutorial cara Insert Data ke MySQL Pada Delphi RAD dengan AdoTable semoga bermanfaat dan bisa membantu teman - teman tentunya dalam pembuatan sebuah project, saya ingatkan kembali jika ada pertanyaan silahakn bertanya di kolom komentar di bawah ini dan yang sudah berkunjung terima kasih sudam mau berkunjung dan jangn lupa berkunjung lagi lain waktu jangan bosan - bosan baca artikel di blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar