Skip to main content

Cara Menampilkan Data JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio

 Cara Menampilkan Data JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio

Hallo guys apa kabar dan selamat pagi dan pada kali ini saya tak hentinya akan membahas mengenai sebuah informasi ataupun pengentahuan bagi teman-teman haus akan pengetahuan dunia teknologi saat ini dan untuk pembahasan pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai programming Android Studio lagi lanjutan kemarin tentang Data JSON Menggunakan Volley Library.

Buat teman-teman penggila atau yang mau belajar dunia programming untuk membuat sebuah aplikasi Android bisa simak penjelasan saya ini untuk bahan pengetahuan ataupun praktek dan sebelum memulai pembahasan artikel ini ada kalanya teman-teman bisa cek terlebih dahulu pemhasan JSON pada artikel sebelumnya yaitu mengenai Cara Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio.

Jika pada artikel sebelumnya kita hanya menampilkan datanya melalui logchat lalu bagaimana kita bisa menampilkanya ke dalam layout?, caranya mudah dan simple sekali teman-teman, untuk melakukan hal tersebut teman-teman hanya perlu bermain id dari object layout sendiri dan di panggil di file java tersebut.

Ohh... iya buat teman-teman yang jago Android Studio atau yang udah tau mungkin tutup mata aja kali ya hehe.. kenapa tutup mata?, ya karena pada artikel kali ini saya akan mencontohkan hal paling mudah dan simple sekali saya akan menjelasan kan agar teman-teman tidaklah pusing jadi mulai dari dasar atau hal simple terlebih dahulu.

Ok deh buat teman-teman yang penasaran dengan apa yang saya maksud silahkan simak penjelasanya langsung aja dibawah ini.

  1. Bukan kembali lanjutan project dari artikle sebelumnya (pembahasan sebelumnya Cara Parsing JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio), atau jika teman-teman mau new project atau membuat project baru silahkan saja tapi jangan tanya pusing kenapa.
  2. Untuk menampilkan sendiri sama halnya sepeti kemarin masukan terlebih dahulu Volley Library dengan menambahkan compile 'com.android.volley:volley:1.1.0'  di folder build.gradle (Module: app).
  3. Lalu langsung saja ke file Manifest.xml dan tambahkan <uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" /> contoh seperti dibawah ini:

  4. Karena kita melanjutkan project sebelumnya maka dari itu kita akan memakai URL yang sama menggunakan https://api.github.com/search/users?q=eyehunt. Jangan tanya kenapa url itu hanya sekedar contoh saja teman-teman kalau punya url json yang lain silahkan coba saja dan utak atik sendiri.
  5. Dan untuk response dari json url tersebut akan menampilkan beberapa object lalu akan di tampilkan ke dalam layout untuk contohnya kita akan mengambil value dari gambar, name dan score saja untuk ditampilkan.
  6. Lakukan codingan di activity_main.xml gunakan Linear Layout, TextView dan ImageView untuk lebih lengkapnya pengaturan atau codinganya silahkan lihat codingan dibawah ini.
  7. Dan untuk dibagian  MainActivity.java sendiri masukan codingan seperti dibawah ini:
  8. Maka coba run di aplikasi teman-teman jika berhasil tampilanya akan seperti pada gambar dibawah ini:

Dan itulah dia hasil running codingan diatas ke hp saya dan berhasil 100%, baut teman-teman yang mau memperaktekan silahkan saja coba dan jangan ragu saya juga berhasil bila teman-teman kebingungan atau ada masalah silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar atau hubungi via fp blog ini. Itulah simple dasar sekali penjelasan kita pada pembahasan mengenai Cara Menampilkan Data JSON Menggunakan Volley Library dengan Android Studio, cukup sekian dari saya salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar