Skip to main content

Cara Mengatasi Hp di Cas Tidak Bertambah dan Tidak Penuh

Cara Mengatasi Hp di Cas Tidak Bertambah dan Penuh

Hp memang tak hidup bila tidak ada daya battrey maka dari itu tentunya dengan cara di Cas atau dalam bahasa modernya Charging merupakan hal wajib atau berhak perlu untuk di lakukan untuk setiap hp apalagi untuk jenis Smartpohe jaman sekarang seperti Android yang boros akan battrey.

Tak ayal juga bagi para pengguna Smartphone saking enaknya bermain hp lupa untuk di cas hingga mati atau ada juga yang lemah akan daya. Namun kandang kala dengan semakin lamanya kita menggunakan hp tersebut maka akan bekurangnya daya juga pada hp tersebut.

Hal yang paling tidak diinginkan lagi adalah daya hp tersebut pada saat di cas tidak bertambah dan tidak penuh-penuh meski sudah di cas berjam-jam dan listrikpun dalam keadaan baik. Akibat hal itu hp kita seperti tidak berguna karena tidak ada daya dan bila kita gunakan sebentar juga akan mati sendiri.

Menurut pengetahuan saya beberapa hal yang dapat membuat hp di cas tidak bertambah dan tidak penuh diantaranya memasuki hp usia sudah tua atau jadul, sering menggunakan hp pada saat di cas, kerusakan pada konektor, kabel atau colokan casan sudah jelek atau juga bisa battrey hp sudah jelek.

Tapi tenang buat teman-teman yang mengalami masalah hal tersebut saya disini akan mencoba ngasih solusinya untuk mengatasi masalahnya dan tentunya sangat simple, untuk yang penasaran dengan solusi apa yang saya maksud untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasnya dibawah ini.

  1. Gunakan Aplikasi Ampere
    Ampere merupakan aplikasi yang sangat hebat untuk memeriksa apakah ponsel Anda sedang mengisi daya dan berapa banyak pengisian daya telah terjadi. Hl ini pada dasarnya mengidentifikasi berapa banyak arus yang ditarik dari perangkat Anda ketika mengalir. Karena itu, aplikasi ini tidak hanya bagus untuk melihat apakah ponsel Anda sedang mengisi daya, tetapi juga untuk melihat metode pengisian daya mana yang terbaik.

    Jika nomor di aplikasi berwarna hijau, perangkat sedang mengisi daya, tetapi jika itu angka minus oranye, berarti perangkat Anda menggunakan daya. Saya menyarankan gunakan aplikasi ini bila anda benar-benar sangat care terhadap battrey hp anda dan download aplikasi Ampere disini.
  2. Gunakan Kabel Data/Kabel USB yang Berbeda
    Mengganti kabel aliran daya yang di sebut USB di hp Android bisa juga menjad solusi mengatasi hp tidak bertambah, diakibatkan mungkin kabelnya terjadi kerusakan atau putus di dalamnya. Maka tak ada salahnya kamu ganti kabel tersebut dengan yang lain dulu.
  3. Ganti Sumber Listrik
    Terminal atau colokan bisa juga menjadi kendala penghambat pada saat cas hp, hal ini bisa di mungkinkan teminal tersebut sudah rusak yang tejadi pada lubang pengaliran listrik. Maka cobalah kamu ganti dari lubang 1 ke lubang lainya dengan memastikan hal ini bereffect berbeda atau tidak.
  4. Cek atau Ganti Adapter Casan
    Adapter menjadi hal paling berpengaruh dalam mengalirkan listrik untuk cas sebuah Hp, tetapi akan muncul kendala tidaklah selamanya bagus seperti pertama kali digunakan. Adapter casan ini bisa menjadi gangguan juga pada saat cas tidak bertambah atau tidak penuh. Mungkin bisa saja dikarenakan sudah tua atau terjadi error/konsleting di dalamnya, solusinya adalah silahkan kamu gunaka adapter yang lain dulu atau cobalah menggantinya dengan yang lain.


  5. Matikan Hp Kamu Saat di Cas
    Tentunya pada saat di cas hp dalam keadaan mati akan berbeda dengan pada saat menyala, jika kamu merasa lama dalam melakukan charging hp, cobalah cas hp kamu dalam keadaan mati. Hal ini bisa dipastikan pada saat ponsel anda mati semua sistem di hp terseut ikut mati serta tidak akan meminta daya dari battrey hp kamu.


  6. Cobalah Cek Socket USB
    Socket USB atau juga lubang kabel data bisa juga menjadi kendala dalam cas hp tidak bertambah, hal ini dimungkinkan karena socket tersebut sudah rusak atau bergeser sehingga tidak pas dengan kabel kabel USB. Biasanya kerusakan dari socket ini diakibatkan terkena air sehingga menjadi konslet atau rusak.


  7. Update/Upgrade System Operasi
    Bagi orang tidak sadar menggunakan Sistem Operasi yang tidak di update sistemnya bisa menjadi kendala dalam menghambat pengisian daya, maka segeralah update karena bisa juga update dari sistem operasi terbaru ini lebih optimal dengan battrey pada hp tersebut.
  8. Coba Ganti Battrey
    Kendala umum juga yaitu Battrey yang sudah lama atau rusak, batrrey hp dalam keadaan tidak normal secara fisik bisa dilihat sudah mulai kembung biasanya. Nah kembung tersebut bisa mejadi kendala dalam melakukan cas hp tersebut. Kerusakan pada batrrey biasanya terjadi karena pada saat cas hp tetap digunakan padahal pada saat di cas hp seharusnya jangan digunakan. Solusi untuk kendala ini adalah silahkan kamu bisa ganti dengan membeli  yang baru (sarankan beli yang original).


  9. Kendala dalam IC Cas
    Jika solusi sebelum-seblum diatas tidak berpengaruh sedikitpun jika berani gunakan solusi no terakhir ini menjadi solusi yang paling ekstream karena kita bisa membongkar hp tersebut dan memainkan Hardware serta kabel-kabel. Pada solusi ini kamu bisa melakukan: 
    • Cek jalur konektor Cas ke IC Cas. Jika jalurnya lemah atau terputus, segera jumper dari konektor cas ke ic cas.
    • Jika jalur konektor cas ke ic cas baik-baik saja, cek jalur konektor baterai bagian vibat ke ic cas, jika terputus segera jumper.
    • Jika jalur ke dua di atas baik-baik saja, berarti yang bermasalah ada di IC Cas. Tindakan yang harus di lakukan adalah ganti IC Cas tersebut.
    Trik ini berhasil dari beberapa hp seperti ADVAN, EVERCOSS, MITO dll. Dan trik ini saya simpulkan dan diambil dari sumber search4ll.wordpress.com.
Dan itulah dia Cara Mengatasi Hp di Cas Tidak Bertambah dan Tidak Penuh, semoga bermanfaat dan bagi yang berkunjung serta membaca artikel ini saya ucapkan terima kasih dan jangan lupa berkunjung lain waktu. Bagi yang mau memperaktekan tutorial ini silahkan saya doakan semoga sukses tetapi jalankan dengan resiko sendiri, akhir kata saya ucapkan slama ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar