Skip to main content

Solusi Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Solusi Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Play Store menjadi salah satu aplikasi yang wajib dan selalu ada di semua Hp Android, baik itu samsung ataupun merk lainya. Sebagai media atau ruang download Aplikasi, Play Store tentunya sangatlah diperlukan untuk di Install.

Dan faktanya setiap Hp Android versi apapun dari mulai yang jadul hingga terbaru akan terinstall secara otomatis aplikasi Play Store dengan sendirinya, mungkin hal itu menjadikan sebuah modal untuk memasng aplikasi lainya ataupun untuk sebagai bonus. Keuntungan dari dipasangnya Play Store ini selain tempat untuk donwload aplikasi yaitu aplikasi yang tersimpan disanapun terjamin aman ataupun bebas dari virus, hal tersebut bisa dipastikan karena Pay Store memiliki tingkat keamanan tinggi yang dimiliki oleh Google search engine ternama di dunia.

Namun kadang kala Play Store mengalami masalah seperti tidak bisa dibuka atau bahkan error, hal tersebut bisa menjadi hal yang menjengkelkan tentunya di saat orang lain download aplikasi terpopuler tapi kamu malah ketinggalan jaman. Namun jangan khawatir buat temen-temen yang mengalami masalah tersebut admin punya solusinya.

Pada artikel ini saya akan membantu menjelaskan solusi mengatasi play store yang tidak bisa dibuka, tentunya solusi-solusi yang saya maksud disini adalh solusi yang secara umum atau dapat teman-teman pahami agar mudah di praktekanya. Dan biar gak banyak memakan waktu untuk lebih jelasnya bagaimana kita mengatasi masalah tersebut, langsung saja kamu simak penjelasanya dibawah ini.
  1.  Restart Hp Android
    Cara pertama yang wajib atau harus dilakukan adalah silahkan teman-teman restart atau reboot saja hp Androidnya, hal ini bisa berguna untuk melakukan rebot system pada Hp Android hingga menjadikan system melakukan restart atau seperti pertama kali hidup, termasuk Play Store juga akan melakukan restart penyimpanan data.
  2. Ubah ke Mode Pesawat Untuk Sesaat
    Solusi kedua yang bisa mungkin kamu coba adalah ganti atau ubah ke mode pesawat untuk sesaat yaitu aktifkan dan matikan lagi untuk beberapa menit, dengan diaktifkanya mode pesawat semua data yang berlangsung di Android bisa di hentikan pada mode tersebut. Dan mungkin pada saat mode pesawat juga memecahkan masalah koneksivitas pada hp Android kamu, dan untuk mengaktfkan mode pesawat silahkan kamu pilih Setelan --> Lainnya --> Modus Pesawat.


  3. Hapus Akun Google pada Hp Android
    Menghapus akun Google yang tersambung di hp Android bisa juga menjadi solusinya, admin pun pernah mengalami sekaligus solusi ini menjadi yang paling tepat. Akun Google yang tersambung di hp Android mungkin mengalami masalah atau ruang penyimpanan di Hp Android untuk akun tersebut sudah banyak/penuh. Maka solusinya kamu bisamenghapus untuk sesaat atau mengganti akun Google tersebut. Untuk melakukan solusi ini kamu bisa pergi  ke Setelan --> Akun --> Google-- > Pilih akun yang diinginkan --> Hapus akun, dan silahkan kamu coba.


  4. Akibat Tanggal dan Waktu Yang Ngaco
    Hal tersebutpun bisa menjadi kendala, karena dijaman modern ini kita tentunya membutuhkan teknologi real time atau terupdate. Hp Android-pun perlu untuk memastikan ke tersediaan atau kesiapan untuk menyamai tanggal dan waktu yang tersambung ke server Android. Teman-teman bisa ubah untuk mengatur Tanggal dan Waktu secara otomatis dengan cara pergi ke Setelan --> Tanggal & Waktu --> Ubah pengaturan yang ada menjadi otomatis, ingat juga pastikan hp Android kamu memiliki data Internet untuk tersambung ke waktu server Android.
  5. Play Store Update atau System Operasi Update
    Ini juga bisa menjadi penyebab tidak bisa dibuka, karena mungkin versi Android kamu yang saat ini tidak cocok lagi dengan Play Store terbaru, atau bisa juga sebaliknya malah Sytem Operasi Android yang update dan Play Store yang tidak cocok. Solusiny adalah kamu bisa coba download manual Play Store di Internet (situs Apkpure atau lainya) dan silahkan coba-coba saja atau bisa juga downgrade OS kamu. Untuk terhindar dari masalah tersebut kamu bisa mengaktifkan pemberitahuan atau notif pembaharuan.
  6. Hard Reset atau Factory Reset
    Solusi paling ekstream atau mungkin bisa paling ampuh adalah melakukan Hard Reset/Factory Reset. Hal tersebut bisa menjadi paling berguna karena dengan melakukan ini Hp Android kamu bisa kembali ke pengaturan pabrik atau dapat membuat kembali ke pengaturan awal seperti pada saat kamu membeli hp tersebut pertama kali dibuka. Namun hati-hati jika ingin melakukan solusi ini karenda dapat menghilangkan semua data di Hp Android kamu termasuk yang ada di Galery, ada baiknya kamu lakukan Back up data terlebih dahulu sebelum melakukan solusi ini, untuk bisa melakukan solusi ini teman-teman bisa pergi ke Setelan -- > Backup & Reset --> Factory data reset. 
Silahkan guys kamu peraktekan sendiri, pada dasarnya setiap Android memiliki menu setting yang sama seperti pada tutorial ini, tapi mungkin hanya berbeda penempatan pemilihan menu saja, maka silahkan kamu sesuaikan saja dengan merk atau versi Android kamu ya guys.

Dan itulah dia guys Solusi Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android, semoga bermangaat dan bagi yang mau memperaktekan silahkan saja guys tapi ingat point-point penting yang saya sebutkan diatas dan saya doakan ya guys semoga berhasil deh.

Untuk mengakhiri artikel ini saya ucapkan terima kasih untuk yang sudah berkunjung dan jangan lupa untuk berkunjung lagi lain waktu serta jangan bosan - bosan baca artikel terbaru pada Blog ini dan akhir kata saya ucapkan salam ngulik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar